BLOG INI BERISI KUMPULAN INFO-INFO MENARIK YANG DIRANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER UNTUK KITA SEMUA DENGAN TUJUAN MEMAJUKAN GENERASI MUDA YANG INTELEK DAN BERWAWASAN * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG * SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU * INFORMASI MENARIK DAN TER UPDATE LAINNYA AKAN ANDA DAPATKAN DISINI * TERIMA KASIH *

Sabtu, 01 Januari 2011

Sains & Teknologi China Ukir Rekor Kecepatan KA Konvensional



Kereta ini akan menyingkat waktu perjalanan antara Beijing-Shanghai hingga cuma lima jam.

 Kereta Api buatan China mengukir rekor kecepatan tertinggi (Physorg)


China baru saja memecahkan rekor kereta api tercepat di dunia di kelas kereta api komersial konvensional yang tidak dimodifikasi (unmodified conventional commercial train).
Menurut laporan kantor berita China Xinhua yang dikutip dari situs Physorg, kereta milik China Railway High-Speed (CRH) itu berhasil mengukir rekor kecepatan 302 mil per jam, alias 486 kilometer per jam (kph), saat melakukan ujicoba melalui rute Beijing-Shanghai, pada Jumat 3 Desember 2010.
Xinhua mengklaim kecepatan tersebut merupakan tertinggi untuk sebuah kereta komersial konvensional yang tidak dimodifikasi.
Namun, kecepatan kereta CRH ini belum bisa melampaui kecepatan kereta-kereta lainnya di kelas modifikasi, yakni kereta Prancis TGV (574,8 kph) dan kereta milik Jepang (581 kph).
Kereta itu berhasil mencapai kecepatan tertingginya saat melintas pada rute Beijing-Shanghai segmen 1.318 kilometer, yakni di daerah antara kota Zaozhuang Provinsi Shandong, dengan kota Bengbu di Provinsi Anhui.
Rute itu baru akan dibuka pada 2012 dan direncanakan bisa menyingkat waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan antara Beijing-Shanghai hingga menjadi hanya lima jam.
Proyek itu merupakan proyek besar-besaran pemerintah China untuk menghubungkan kota-kota di China dan memakan biaya sekitar US$32,5 miliar atau sekitar Rp292,8 triliun.
China kini telah memiliki jaringan kereta api berkecepatan tinggi terpanjang di dunia. Negara itu juga berencana untuk bisa membuat jaringan kereta sepanjang 13 ribu km pada 2012, dan sepanjang 16 ribu km di 2020. (art)

sumber : vivanews

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons