BLOG INI BERISI KUMPULAN INFO-INFO MENARIK YANG DIRANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER UNTUK KITA SEMUA DENGAN TUJUAN MEMAJUKAN GENERASI MUDA YANG INTELEK DAN BERWAWASAN * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG * SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU * INFORMASI MENARIK DAN TER UPDATE LAINNYA AKAN ANDA DAPATKAN DISINI * TERIMA KASIH *

Sabtu, 01 Januari 2011

Teknologi Terbaik 2010 (2)

Ini adalah teknologi-teknologi revolusioner yang muncul selama tahun 2010.

Tahun 2010 baru saja berlalu. Namun tahun itu dipenuhi oleh kemunculan beberapa teknologi yang cukup revolusioner. Berikut ini teknologi-teknologi terbaik yang muncul selama tahun 2010.


Mobil terbang Terrafugia Transition (terrafugia.com)



















6. Solar Impulse HB-SIA
Pesawat Solar Impulse HB- SIA
Solar Impulse HB-SIA adalah pesawat bebas emisi yang mampu mengudara sehari semalam, atau tepatnya selama 26 jam, 9 menit 10 detik. Pesawat yang ditenagai oleh empat motor listrik berkapasitas 10 tenaga kuda yang disuplai oleh sel surya dan baterai polimer lithium.

Pesawat yang bisa mencapai ketinggian 28.500 feet (8.686,8 meter) itu merupakan pesawat pertama yang bisa terbang semalaman dengan energi surya yang dikumpulkan selama seharian. Pesawat ini memberikan harapan adanya moda transportasi cepat yang tidak bergantung pada bahan bakar fosil.
7. 3-D Bio Printer
Invetech dan Organovo perusahaan yang bermarkas di San Diego AS, berhasil mengembangkan printer dot matriks untuk menghasilkan lapisan tubuh atau organ tubuh manusia.
3-D Bioprinter
Printer ini terdiri dari dua head print, satu yang menyemprotkan gel yang memberi bentuk sementara head print lainnya mengisinya dengan sel hidup yang didapat dari pasien sendiri.

Printer yang memiliki tingkat presisi dalam hitungan mikron, itu mampu menyediakani berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati, termasuk gigi, bagi orang-orang yang membutuhkan, tanpa perlu menunggu uluran tangan dari pendonor lain.

8. Straddling Bus
Straddling busThe straddling bus atau bus kangkang besutan penemu asal China, YouZho Song, dipercaya mampu memberikan solusi jitu dari kemacetan lalu lintas yang dialami oleh banyak megacity di seluruh dunia.

Bus ini bisa menggantikan hingga 40 bus konvensional, sehingga bisa menghemat hingga 860 ton bahan bakar yang digunakan 40 bus setiap tahun, dan mengurangi emisi karbon hingga 2640 ton. Alat transportasi yang bisa memuat hingga 1200 penumpang ini tak perlu banyak mengubah infrastruktur jalan, karena ia memanfaatkan ruang yang memang selama ini tidak dimanfaatkan.

Dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam, bus yang menggunakan tenaga listrik dan surya itu, diklaim bisa mengurangi kemacetan hingga 30 persen pada jalan-jalan utama. Rencananya, perusahaan Shenzhen Huashi Future Parking Equipment akan mengujikan kendaraan ini pada 2011 pada sebuah proyek di Beijing.

9. Terrafugia Transition
Terrafugia Transition adalah mobil pesawat besutan para ilmuwan MIT yang bisa akan mendefinisikan ulang konsep perjalanan cepat jarak jauh, langsung dari pintu ke pintu.
Mobil terbang ini dijual lebih murah dari sebuah Lamborghini - seharga U$200 ribu itu, ditenagai mesin berkekuatan 100 tenaga kuda dan dilengkapi dengan parasut dan kantung udara untuk keamanannya.
Terrafugia Transition
Saat dikendari menjadi mobil, sayapnya bisa dilipat, namun saat hendak diterbangkan, sayapnya bisa dikembangkan. Cuma butuh landasan pacu sepanjang 500 m untuk menerbangkan mobil pesawat ini. Kemudian, Transition bisa membawa dua orang penumpangnya (kapasitas muatan 200 kg) untuk terbang sejauh 760 km dengan kecepatan 105 mil per jam atau 169 km per jam.

10. X-51A Waverider
Setelah beberapa dekade terakhir, akhirnya militer AS mampu mengembangkan senjata yang mampu menghilangkan hambatan pada kecepatan dan ketepatan target. X-51A WaveRider besutan Pratt & Whitney Rocketdyne/Boeing mengukir rekor ketahanan sebuah mesin scramjet (dengan mesin berkecepatan roket yang mampu mengompres udara di atmosfer).
X-51A Waverider
Dengan kecepatan hipersonik, biasanya akan sangat sulit untuk menyuplai udara untuk pengapian bahan bakar lebih dari 12 detik. Namun, X-51A WaveRider memiliki geometri mesin dan sistem injeksi bahan bakar yang presisi yang memungkinkan hal itu terjadi.

Ia bisa melaju hingga lima kali kecepatan suara, menjelajah jarak 600 mil atau 965.6 km hanya dalam waktu 10 menit. Pengembangan X-51A WaveRider yang didanai oleh Darpa Pentagon, ini adalah langkah maju bagi aplikasi misil jarak jauh maupun transport luar angkasa berbiaya murah.

sumber : vivanews
- Teknologi Terbaik 2010 (1)

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons