BLOG INI BERISI KUMPULAN INFO-INFO MENARIK YANG DIRANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER UNTUK KITA SEMUA DENGAN TUJUAN MEMAJUKAN GENERASI MUDA YANG INTELEK DAN BERWAWASAN * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG * SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU * INFORMASI MENARIK DAN TER UPDATE LAINNYA AKAN ANDA DAPATKAN DISINI * TERIMA KASIH *

Rabu, 02 Maret 2011

Perbedaan Autorun dengan Autoplay

Kebanyakan orang berpikir Autorun dan Autoplay hanya dua istilah untuk hal yang sama. Namun, itu tidak benar.
Autorun pertama kali  muncul di Windows 95! Apa gunanya itu sebenarnya? Untuk membuat aplikasi menginstal untuk non-teknisi lebih mudah. Jika CD berisi file bernama autorun.inf pada root direktori, Windows akan mendeteksi secara otomatis dan ikuti petunjuk dalam file itu.
Biasanya, file ini akan memanggil sebuah aplikasi pada CD, biasanya file setup atau file instalasi. Anda mungkin telah menyadari hal ini ketika pop CD installer  Windows XP baru atau Windows 7  sedang berjalan dalam komputer Anda, splash screen secara otomatis akan muncul dengan opsi untuk menginstal Windows, dll

Autoplay merupakan fitur yang hanya diperkenalkan pada Windows XP. pekerjaan Autoplay adalah untuk memeriksa perangkat media baru tersambung, menentukan jenis konten yang di atasnya, dan kemudian menampilkan sebuah dialog yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi untuk memutar atau menampilkan konten.

Sekarang tergantung pada sistem operasi yang akan  Anda jalankan , Autorun dan Autoplay akan bekerja dengan cara yang berbeda! Dan itulah sebabnya banyak orang yang bingung cara kerja keduanya.

Dalam semua versi Windows dari XP ke Windows 7, Autorun dijalankan sebelum Autoplay, kecuali Autorun dinonaktifkan. Jika tidak cacat, Autorun akan mengeksekusi dan akan mencari file autorun.inf.

Pada Windows XP, jika file autorun.inf ditemukan, Autorun dapat melanjutkan dan memotong Autoplay sama sekali dan meluncurkan aplikasi tanpa menanyakan pengguna terlebih dulu.

Dalam Windows Vista dan Windows 7, Autorun Autoplay tidak bisa melewati masa lalu. Jika ada file autorun.inf, itu akan tetap dibaca, tapi bukan aplikasi yang diluncurkan secara otomatis, sebuah kotak dialog akan muncul dengan daftar pilihan, beberapa yang bisa dari file autorun.inf.

Untuk membuat ini benar-benar jelas, mari kita salah satu contoh. Saya memiliki  CD  Office 2003d dan akan saya instal ke dalam Windows XP dan Windows 7, baik dengan Autorun dan Autoplay diaktifkan.

Berikut adalah file autorun.inf  yang tampak pada CD Office 2003 :






Pada dasarnya, ia mengatakan bahwa file setuppro.exe harus secara otomatis jalan ketika Windows mendeteksi CD di drive.


Pada Windows XP, ketika saya memasukkan CD installer, karena ada file autorun.inf, tidak ada pilihan Autoplay dan Office setup secara otomatis jalan.








Namun, ketika saya memasukkan CD installer yang sama ke dalam Windows 7 (atau Windows Vista), saya malah mendapatkan kotak dialog Autoplay:




Jadi, meskipun ada file autorun.inf, program ini tidak diizinkan untuk mengeksekusi sampai saya yang memutuskan. Juga dicatat bahwa pilihan untuk menjalankan setuppro.exe juga terdapat di dalam kotak dialog Autoplay karena terbaca dari file autorun.inf.


Secara keseluruhan, fitur Autoplay tidak akan membahayakan komputer Anda karena program benar-benar tidak ada yang dieksekusi. Semua Autoplay tidak mendeteksi media dan pilihan tampilan.


Jika Anda menjalankan Windows XP, mungkin ide yang baik untuk menonaktifkan Autorun karena pada sistem operasi, program masih dapat berjalan tanpa persetujuan pengguna.


Pada Windows 7 dan Vista, Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini karena tidak bisa bypass Autorun Autoplay, jadi semuanya berjalan melalui Autoplay sebelum dijalankan.


Mudah-mudahan postingan ini bisa menjelaskan tentang perbedaan antara Autorun dan Autoplay! Jika Anda masih memiliki pertanyaan, kirim komentar di sini dan saya akan coba membantu.

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons