BLOG INI BERISI KUMPULAN INFO-INFO MENARIK YANG DIRANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER UNTUK KITA SEMUA DENGAN TUJUAN MEMAJUKAN GENERASI MUDA YANG INTELEK DAN BERWAWASAN * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG * SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU * INFORMASI MENARIK DAN TER UPDATE LAINNYA AKAN ANDA DAPATKAN DISINI * TERIMA KASIH *

Sabtu, 05 November 2011

Panser APC Anoa 6×6 Indonesia

Pada pertengahan tahun 2010 TNI AD seperti mendapat suntikan baru dengan di terimanya 150 unit panser APC 6×6 buatan lokal PT. Pindad yang di beri nama Anoa untuk memperkuat jajaran TNI AD.
Anoa oleh PT. Pindad di desain dengan bodi Monocoque Armoured dan menyerupai VAB buatan Perancis, selain itu anoa juga di klaim memiliki kualifikasi amfibi.
Keterlibatan anoa memperkuat Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL di Lebanon mampu mendongkrak popularitas anoa sebagai kendaraan lapis baja standard NATO milik TNI AD yang handal dan mendapatkan pengakuan internasional.
Beberapa Negara seperti Oman, Malaysia, Nepal dan Bangladesh tertarik membeli anoa untuk memperkuat armada militernya.
Kelebihan anoa di bandingkan dengan VAB Perancis terlihat pada kubah penembak SMB yang sudah di upgrade mampu membuat si operator lebih terlindungi dari tembakan. Mesin sama menggunakan Renault MIDR 062045 inline 6 cylinder turbo-charged diesel, dengan penggerak enam roda simetris mampu menjadikannya bergerak dengan lincah melintasi berbagai medan serta dapat menanjak di kemiringan dengan sudut 31 derajat.
Plat baja yang digunakan untuk melapisi anoa di pasok dari PT. Krakatau Steel dengan memenuhi standard NATO level III sehingga mampu menahan hantaman peluru kal 5,56mm dan 7,62mm.
Persenjataan anoa mampu mengadopsi AGL 40 dan SMB 12,7 mm yang dapat di pasang di atas kubah juga di lengkapi pelontar granat 2×3 66mm untuk membuat tabir perlindungan dari pandangan lawan.
Anoa selain versi APC (Armored Personel Carrier) juga terdapat versi ambulance, logistik, komando, armoured recovery, pelontar mortir dan surveillance. Tidak lama lagi PT. Pindad bekerja sama dengan Korea Selatan akan mengembangkan anoa versi kanon 90mm dengan nama Tarantula.
Spesifikasi Anoa APC
Pabrik : PT. Pindad
Berat Tempur : 14 ton
Panjang : 6 meter
Lebar : 2,5 meter
Tinggi : 2,9 meter
Kru : 3 + 10 personel
Senjata Utama : SMB 12,7 mm atau pelontar granat AGL 40 mm
Mesin : Renault MIDR 062045 inline 6 cylinder turbo-charged diesel
Transmisi : Automatic, ZF S6HP502, 6 forward, 1 reverse
Suspensi : Independent suspension, torsion bar
Kapasitas BBM : 200 liter
Jarak Tempuh : 600 Km
Kecepatan Max : 90 Km/jam ; 2,2 meter / detik di air
Sumber : http://rindam5brw.mil.id/arsip/artikel/151-panser-apc-anoa-6×6

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons