Definition List

LightBlog

Translate

Selasa, 14 Desember 2010

Museum Negeri Aceh yang terletak di Jl Sultan Alaidin Mahmud Syah, merupakan obyek wisata yang perlu dikunjungi untuk mengetahui kebudayaan Aceh pada masa lalu.
Di museum ini terdapat barang-barang kuno seperti keramik, persenjataan serta benda-benda budaya lainnya seperti pakaian adat, perhiasan, kaligrafi, alat-alat rumah tangga dan lain-lain.
Koleksi museum yang paling menarik adalah sebuah lonceng besar yang diberi nama “Lonceng Cakra Donya” yang merupakan hadiah dari Maharaja Cina untuk Sultan Aceh yang diantar oleh Laksamana Cheng Ho pada tahun 1414. Di komplek museum ini terdapat sebuah rumoh Aceh yang dibangun oleh Gubernur Belanda Van Swart pada tahun 1941.


Rumah yang dibangun tanpa menggunakan sebuah paku pun ini berfungsi sebagai museum yang berisi barang-barang kuno. Sebelumnya, rumoh Aceh ini pernah dibawa ke Semarang untuk pameran pada tanggal 13 Agustus sampai dengan 15 Agustus 1915. Di dalam komplek museum ini juga terdapat bangunan yang digunakan untuk pameran barang seni atau budaya khususnya mengenai Aceh. Di sebelah barat gedung museum atau di sebelah utara rumah adat Aceh terdapat komplek makam dari para sultan Aceh dan keturunannya.



sumber : Indonesia.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini