BLOG INI BERISI KUMPULAN INFO-INFO MENARIK YANG DIRANGKUM DARI BERBAGAI SUMBER UNTUK KITA SEMUA DENGAN TUJUAN MEMAJUKAN GENERASI MUDA YANG INTELEK DAN BERWAWASAN * TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG * SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU * INFORMASI MENARIK DAN TER UPDATE LAINNYA AKAN ANDA DAPATKAN DISINI * TERIMA KASIH *

Selasa, 14 Desember 2010

Pulau Weh

Wisata Alam – Pulau Weh – Nanggroe Aceh Darussalam – Sumatera
 
Pulau Weh merupakan pulau paling barat Pulau Sumatera,  Indonesia. Pesisir  pulau ini, terdapat banyak pantai : Pantai  Kasih, Pantai Tapak Gajah dan Pantai Sumur Tiga dengan keindahan pasir putihnya,  Pantai Ujung Kareung (Ujung Karang) yang sering digunakan sebagai tempat  memancing, dan Pantai Anoi Itam (Pasir Hitam) dengan keindahan pasir hitamnya.
Dari  sekian banyak pantai yang ada, kegiatan wisata bahari yang populer di Pulau Weh  berada di Pantai Gapang dan Iboih yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.
Pulau Weh atau sering juga disebut dengan Pulau Sabang,  Kota Sabang berada di Pulau ini.
Pantai Iboih yang berada di Desa Iboih merupakan  pantai yang paling populer, yang berjarak sekitar 6 km dari tugu KM-0  (Kilometer 0). Warna lautnya yang hijau, menampilkan keindahan yang memesona  yang menjadi surga bagi para penyelam. Dari Iboih terlihat jelas panorama  keindahan Pulau Rubiah. Jaraknya sekitar 150 meter. dapat  berenang ke pulau tersebut, dan disediakan tali tambang untuk tempat bergelayut di  dalam laut hingga ke tengah.


Pulau Rubiah , luasnya sekitar 2.600 hektar. Pulau ini  terkenal dengan keindahan taman lautnya yang mendunia, setara dengan keindahan  taman laut di Maladewa (Long Island), di perairan Maluku dan perairan  Bunaken dan Nusa Penida di Bali. Bahkan pulau ini dianggap lebih unggul karena memiliki  keanekaragaman biodata laut, seperti tumbuhan ganggang, terumbu karang, ikan  bulu ayam, kima raksana, dan ketam kelapa.  
Pulau Weh berada sekitar 32 km dari Banda Aceh, Ibu Kota  Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.
Dari  Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Pulau Weh dapat dicapai dengan menggunakan  kapal cepat dengan waktu tempuh sekitar 45 menit . Apabila menggunakan  transportasi udara, dari Banda Aceh dapat ditempuh tidak lebih dari 15-20  menit.
Disiapkan speed boat dari Pantai Iboih  untuk dapat menikmati keindahan panorama bahari di Pulau Rubiah Di pantai Iboih juga disediakan fasilitas sewa  peralatan sekali pakai, snorkling ,Di Pantai Gapang, terdapat  operator diving terbesar yang menyediakan fasilitas memandu ke lokasi  penyelaman maupun fasilitas kursus  singkat bagi pemula yang ingin menyelam .

Taman Wisata Alam Laut Pulau Weh dapat dicapai melalui rute :

1. Banda Aceh – Pelabuhan Krueng Raya Malahayati sejauh 32
km dengan perjalanan darat dapat ditempuh dalam waktu 45
menit.
2. Pelabuhan Krueng Raya Malahayati – Pelabuhan Balohan,
Pulau Weh dengan kapal penyeberangan/ferry yang berangkat
satu kali setiap hari pada jam 09.00 WIB dan menempuh waktu
2 jam.
3. Pelabuhan Balohan – lokasi TWA Pulau Weh dengan
perjalanan darat yang dapat ditempuh 1 jam.
Untuk informasi bisa menghubungi :
Balai KSDA Nangroe Aceh Darusalam
Jl. CuT. Nyak Dhien Km 12 Kotak Pos 29
Banda Aceh 23114
Telp./Fax. [0651] 41943, 41943
Dirangkum dari berbagai sumber.


sumber : 1 2

0 komentar:

Poskan Komentar

silakan beri komentar untuk konten ini

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons